Pelanggan kancut

Sunday, August 21, 2016

Tipe-tipe manusia pas lagi kerjabakti.

Wadap pemuda-pemudi harapan Bangsa.

Weeken kemaren daerah tempat gue tinggal ngadain kerja bakti buat ngebenerin jalan. Karena dipandang sudah tidak sesuai dengan norma pengendara motor dan anak-anak muda bersepatu roda (akhir-akhir ini banyak banget bocah receh tempat gue maen sepatu roda). Tapi alih-alih kerja bakti. Gue malah merhatiin tipe-tipe orang yang mengikuti kerja bakti ini. Dan berikut hasil pengamatan gue tentang tipe orang tersebut.

1. The leader.

Tipe ini didominasi oleh ketua RT dan para sesepuh kampung. Selain sudah mengalami pasang surut kerja bakti, faktor umur juga menentukan tipe golongan ini. Tipe ini yang mengkoordinir gerak gerik tiap insan yang terlibat dalam kerja bakti agar tak salah arah dan tujuan dalam kerja bakti. Jangan yang tadinya mau benerin jalan, malah beralih bangun kontrakan. Selain tidak tepat sasaran. Pastinya bakal ngebuat semua orang kebingungan.

2. Tipe Heri (heboh sendiri)

Tipe golongan ini agak berlebihan dalam menyikapi segala sesuatu. Ada makanan dateng. Heboh. Ada adukan semen. Heboh. Ada orang lagi makan adukan semen. Heboh. Yang pasti tipe golongan ini paling berisik diantara tipe golongan lain. Tapi kurang begitu aktif ketika kerja.

3. Talk less do more.

Tipe golongan inilah yang paling berjasa dalam kerja bakti. Ngga banyak omong. Dan nggak membiarkan dirinya terlarut dalam gosip bapak-bapak yang mendiskusikan macam-macam gaya diatas ranjang. Tipe golongan ini menganut slogan Jokowi garis keras 'kerja, kerja, kerja!'. Dan menganggap kerja bakti adalah tujuan hidup.

4. Do less eat more.

Tipe golongan ini agak setengah-setengah dalam kerja bakti. Biasanya cuma ikut-ikutan karena ga enak sama tetangga. Karena kurang menjiwai itulah tipe golongan ini terlihat kurang produktif dan biasanya cuma duduk-duduk doang sambil ngemil gorengan. Dan baru bekerja ketika ada tatapan membunuh dari tipe 'talk less do more'.

5. Kritikus.

Tipe golongan ini beda-beda tipis ama Tipe Heri. Cuma sedikit nyebelin. Selain tidak menunjukan kerja nyata. Kerjanya cuma kritik-kritik aja. Dari adukan semen yang kurang rata, sampe rasa bakwan yang kaya ban dalem. Semua doi kritisi. Makanya gak jarang tipe seperti ini agak sedikit dicuekin. Bahkan lebih cenderung ingin dijadikan bahan campuran semen klo bisa.

Well, kira-kira begitulah tipe manusia ketika kerjabakti menurut hasil pengamatan gue. Terlepas dari itu semua. Kerja bakti merupakan event tali kasih yang perlu dipertahankan di Indonesia. Karena tanpa adanya kerja bakti, jalanan didepan rumah gue ga bakalan jadi.

wassalam.


Baca juga cerita gue tentang tes bakat dan kemampuan


No comments:

Post a Comment