Pelanggan kancut

Thursday, August 18, 2016

Tes bakat dan kemampuan.

Image diambil dari google

waktu gue smp, gue pernah diajak Bokap buat tes bakat dan kemampuan. Tujuannya biar gue terarah dan keliatan bakat gue itu sebenernya ada dimana. Tes nya ga lama. Sekitar 30 menitan. Gue dikasih kaya lembar pertanyaan dan lembar berupa gambar-gambar hewan dan mencari perbedaannya. Setelah tes selesai, gue sama Bokap disuruh menunggu hasil analisa dokter tentang tes gue barusan. 

"luar biasa Pak! Ini kejadian yang amat langka!!" Ungkap Dokter kagum. "Anak bapak Briliant sekali! jangan suruh dia bekerja. Suruh dia bersantai saja dirumah. Karena dia aset yang berharga dimasa depan." Lanjut dokter sambil meluk gue. "Disaat kamu besar. Buat negara ini lebih baik yah nak" tambah doi. Kira-kira begitu khayalan gue waktu itu pas nunggu hasil tes nya keluar.

"Begini pak, kita sudah lihat hasilnya. sepertinya anak bapak belum ada yang terlihat menonjol. Mungkin karena usia yang masih dini. Coba nanti setelah SMA Bapak kembali lagi dan kita lakukan tes ulang." Ungkap dokter. Jauh dari apa yang gue bayangkan.

Semenjak dari situ gue ga pernah tes lagi. Bokap juga sepertinya udah lupa. Sampe akhirnya kemaren gue keinget lagi pas baca artikel tentang tes bakat ini. Sepertinya gue perlu melakukan tes ini. Karena gue termasuk orang yang cepet berubah-ubah. Gue susah fokus. Apalagi klo lagi nyetir dan ada cewe bugil koprol depan gue. Gue tambah ga fokus.

Karena sekarang teknologi udah canggih. Akhirnya gue memutuskan untuk melakukan tes bakat online. Agak berbeda dari sebelumnya. Gue cuma dikasih pertanyaan aja. Lebih ke apa yang gue suka dan apa yang gue ga suka. Setelah itu hasil tes nya langsung keluar. Keren.

Karena tes ini gretongan. So hasilnya juga ga begitu spesifik banget. Jadi cuma secara garis besar aja. Klo mau yang lebih spesifik dan akurat. Kita mesti bayar kemudian dapet jadwal konsultasi. Cuma bagi gue kayanya hasil yang dikasih juga udah lebih dari cukup. Jadi gue ga melanjuti. Disatu sisi gue ga mau buang-buang duit juga. (Bilang aje ogah rugi nyet!!)

Hasilnya boleh dibilang 95% akurat banget. Dari ngebaca watak gue. Kepribadian dan cara mengambil keputusan seluruhnya bisa dibilang bener. Gue sampe curiga jangan-jangan ini yang ngasih nilai Nyokap gue. Tapi kayanya ga mungkin. Buka internet aja doi telpon gue berkali-kali. Surem..

Dari hasil tes yang keluar, ada 4 bidang yang cocok sama kepribadian gue. Jurnalistik, Produser (yang ini keren kedengerenya), Quality control, dan House keeper. Gue bakal menuai hasil yang signifikan klo gue menekuni salah satu bidang tersebut. Begitu kata hasil tesnya. Gue masih tetep suges kalo dibalik ini semua adalah Nyokap gue.

Well, Gue sepertinya sudah menemukan titik cerah kemana gue harus melangkah. Bagi elo yang lagi bingung juga, sepertinya cocok buat nyoba tes bakat dan kemampuan ini. Siapa tau elo bisa menemukan passion lo dari sini.
Selamat mencoba ;)


Baca juga cerita gue enterpreneurshit

No comments:

Post a Comment