Pelanggan kancut

Sunday, August 14, 2016

Roasting kopi home made.

Well, untuk para coffee lovers. Menikmati kopi yang endang bambang memang udah menjadi kebutuhan sehari-hari di sela-sela aktifitas. Ga jarang juga sampe ada yg rela ngeroasting (nyangrai) biji kopi sendiri dirumah. Karena lebih berasa tastenya. Dan kayanya lebih kece aja gitu bisa roasting kopi sendiri.

Ga berbeda dengan yang lain. Gue pun mulai kecanduan buat mroses kopi dari biji mentah sampe di giling dan siap buat diminum. Selain sehat karena bikinan sendiri (yang jelas ga ada sianidanya), kadang gue suka bereksperimen. Kaya bikin kopi rasa buah-buahan. Kopi jahe, dll.

Nah, untuk elo yang mau nyoba juga, disini gue share cara roasting kopi ala ala rumahan. Selain budget lebih murah, rasa juga ga kalah sama coffee shop yang diluaran sana.

So, here we go...

Step 1: tentukan biji kopi yang bakal elo roasting. Gue kebetulan bawa biji kopi dari kampung gue sendiri dari Palembang.

Step 2: Bersihkan biji kopi dari kerikil atau kotoran dengan air. Setelah itu angin-anginkan sebentar biar agak kering.

 
Step 3: siapkan alat untuk menggoreng. Kaya teflon, wajan, atau klo gue sendiri biasa pake lempung karena panasnya lebih teratur dan ga bikin biji kopi cepet gosong. 

                                          


Step 4: Setelah siap semua, cemplungin deh tuh biji kopi kepenggorengan. Aduk-aduk terus sampai biji kopi berubah warna. Apinya kecil aja biar matangnya merata sampai kedalam biji. Perlu diketahui akan ada letupan-letupan kecil atau dalam bahasa perkopian itu 'crack'  (kaya bunyi popcorn) yang menandakan biji kopi sudah mulai matang.

Step 5: Klo kopi sudah berubah warna agak kecoklatan dan aromanya sudah mulai wangi. Siap-siap angkat dan tiriskan. Angin-anginkan sebentar. Simpan dalam toples dan giling ketika ingin menikmati.

Taddaaaa!! Goreng kopinya selesai.

                                           


Diatas adalah hasil gorengan kopi gue. Walaupun dari segi warna kurang eksotis. Mohon dimaklumi aja. namanya juga manual dengan alat seadanya. Cuma gue cukup puaslah bisa menikmati kopi hasil buatan gue sendiri.

Gimana? Kece ga tuh. Selamat mencoba dirumah ya. 

Chiao!


No comments:

Post a Comment