Pelanggan kancut

Monday, August 15, 2016

Enterpreneurshit.

gambar nyomot di google
gambar nyomot di google
Banyak tulisan-tulisan tentang wirausaha. Yang pada intinya tulisan tersebut menyemangati orang untuk memulai wirausaha. Dimulai dari omset yang didapet jutaan perhari, mobil mewah, rumah gedong, cewe cantik, untung ga semua wirausahawan itu namanya Boy.

Gue termasuk orang yang demen banget usaha. Keluar dari zona nyaman bagi gue hal sepele. Nyali gue lebih besar dari itu. Karena dari kecil gue udah ditempa buat cari uang sendiri. Buat jajan waktu SD, gue mesti jualan koran dulu. Sempet mau diangkat anak sama ABRI waktu itu karena gue biasa menjajakan koran di perumahan kodam. Cuma gue tolak karena pikiran gue waktu itu gue bakal dianiaya dan dijadikan bahan percobaan. *sampe sekarang gue masih bingung kenapa gue mikir begitu*.

Berangkat dari situ, perlahan mental dan jiwa gue terasah buat menjadi seorang enterpreneur. Dan gue bertekad untuk buka usaha nanti klo udah gede. Jadi milyarder, punya rumah gede, mobil keren, istri cantik, dan ganti nama jadi Boy. (Ok, mungkin yang untuk ganti nama gue pikir-pikir dulu)

Terhitung baru 3x gue buka usaha yang gue lakoni agak serius. Dan Alhamdulillah gagal semua. *minum baygon*

Pertama kali gue buka usaha itu dalam bidang kuliner. Lebih spesifiknya itu gorengan. Gue liat tukang gorengan kayanya ga pernah sepi pembeli. Dan disatu sisi kayanya simple aja gitu. Tapi karena gue mau yang lebih simple lagi, jadilah gue hanya fokus pada satu gorengan aja. Pisang. *hening*

Yup, gue bikin semua jenis gorengan yang berbahan dasar pisang. Dari piscok, pisang pasir, pisang semen, genteng, batako, (ini mau bikin gorengan apa bangun rumah???). Pokonya gue bikin pisang ini menjadi semenarik mungkin.

Planing gue rencanakan dengan matang. Waktu itu gue baru bekerja disebuah perusahaan. Karena baru pertama berwirausaha, gue ga dengan metalnya langsung keluar kerjaan dan fokus ke gorengan ini. Gue tetep kerja kantoran karena masih ada kekhawatiran didalam diri gue kalo-kalo usaha ini colapse jadinya gue tetep punya pegangan. So, gue mempekerjakan seorang karyawan dan mempercayakan sepenuhnya sama doi.

2 bulan pertama usaha berjalan dengan lancar. Omset perlahan mulai naik. Modal beli bahan pokok 100rb. Untung bisa 200rb. Gue mulai positif pengen mengembangkan usaha ini. Sampai masuk bulan ke 3 waktu itu kebetulan bulan puasa. Mendekati lebaran karyawan gue izin buat pulang kampung. Gue mengamini keinginan doi yang pengen mudik.

Kejanggalan mulai terjadi pas lebaran udah lewat seminggu. Belum ada tanda-tanda karyawan gue bakal balik lagi ke jakarta. Gue telpon nomernya ga aktif. Gue sms ga dibales. Ini klo gue penyanyi dangdut, mungkin gue udah langsung ngelagu. Dilema abis. Fokus gue kepecah belah antara kerjaan atau survive dengan gorengan. Dan pada akhirnya gue merelakan usaha gue buat gulung tikar karena ga dapet pengganti pegawai dan disatu sisi belum bisa melepas pekerjaan karena keterikatan kontrak. 

Semangat gue buka usaha masih menggebu-gebu. Gue mengumpulkan modal lagi dari hasil nabung gajian perbulan. Kali ini gue mengambil usaha bidang jasa. Cucian motor. Karena gue liat motor ga ada abisnya. Nambah iya. Lagi, gue mematangkan planing. Namun kali ini gue mengambil langkah lebih berani. Gue resign dari kantor. Bye bye ketombe.. *lah?

Gue fokuskan seluruh energi di cucian motor ini. Gue ga mau gagal kedua kali. Beruntung gue dapet tempat dari temen gue. Bokapnya punya tanah kosong. Gue liat tempatnya lumayan strategis. Ga pikir panjang. Gue langsung sewa tempat tersebut.

Hari ke hari pemasukan mulai bertambah. Gue yang tadinya cuma berdua nyuci motor. Mulai menambah pasukan 2 orang lagi. Jadilah gue mempekerjakan karyawan 3 orang. Gue cukup mengontrol kerja dan cash flow aja. Aroma-aroma kesuksesan mulai tercium. Cuma gue belum berpikir untuk ganti nama jadi Boy.

Time flies. Ga berasa udah setahun berlalu. Gue udah buka cabang satu lagi. Fokus gue sekarang beralih ketempat cabang yang baru. Karena gue anggap udah bisa jalan, tempat yang lama gue percayakan ke karyawan gue. Karena jarak yang agak lumayan jauh antara tempat yang satu dengan yang lain, gue akhirnya cuma bisa ngontrol sesekali aja klo sempet.

Semenjak dipegang karyawan gue. Entah kenapa tiba-tiba omset menurun. Banyak barang-barang yang rusak. Gue cek semua barang perlu diganti dengan yang baru. Dan kondisi mulai sedikit goyang. Karena ditempat yang baru pun belum fix bener cash flownya. Gue udah terlanjur jor-joran invest di tempat yang baru. Ga sampai disitu. Tiba-tiba tempat yang gue sewa pengen dibikin kos-kosan sama pemilik tanah. Secara halus gue disingkirkan dari tempat itu.

Ga ada kemajuan yang signifikan di tempat cucian gue yang baru. Gue lihat lagi kondisi sekitar. Ternyata ada tempat cucian motor baru buka yang lebih keren. Pake hidrolik. Terlihat lebih profesional. Perlahan tapi pasti. Gue mulai gulung tikar lagi. (Ini kenapa gulung tiker sik bahasanye? Emang lagi nonton layar tancep?!)

Beruntung gue akhirnya bisa kerja kantoran lagi. Walaupun agak sedikit berat. Cuma langkah ini harus gue ambil buat bertahan hidup. Cuma keinginan gue buat buka usaha masih belum tumbang. Gue bertekad suatu saat bakal balik lagi ke arena tersebut. Ga ada kata gagal selama masih ada keinginan untuk mencoba. Kira-kira begitu ucapan gue untuk menghibur diri. Padahal ngenes juga sebenernya.

Untuk ketiga kalinya lagi-lagi gue belum mau mengendurkan tekad buat jadi pengusaha. Kali ini kondisi gue udah berkeluarga dan udah punya ekor satu (bukan. Gue bukan reinkarnasi Sungokong). Nyonya besar AKA istri gue baru aja melahirkan. Pengeluaran jadi bertambah dengan lahirnya anak gue. Cuma sekali lagi gue kaya sakao Baygon. Bukannya stay dengan pekerjaan yang nyaman. Gue malah resign lagi dari kantor. Padahal pendapatan gue waktu itu udah lumayan lah. Cuma tetep, ego gue menjadi pengusaha lebih besar ketimbang duduk-duduk diruangan ber-AC.

Kali ini gue mengincar sektor gas. Kebetulan gue dikenalin sama sodara gue ke seorang agen gas dan gue berencana menjadi sub agen. Ga pake lama. Gue langsung buka toko. Modal yang gue keluarin ga sedikit. Gue itung-itung buat sewa toko, beli armada dan tabung gas. Total habis 70jt-an. Semua gue pertaruhkan disini. 

Belajar dari pengalaman sebelumnya, gue ga terlalu sulit dalam hal komunikasi. Dalam tempo yang lumayan singkat gue udah dapet pelanggan tetap. Semua berjalan dengan lancar hingga sampai tahun kedua. Perlu diketahui, berjualan gas itu agak susah-susah gampang. Gampangnya karena ini kebutuhan pokok, jadi walaupun ga dipasarin barang ini udah pasti laku. Susahnya barangnya ini kadang ada kadang ngga dari agennya. Klo barang ga ada ototmatis pemasukan ga ada. Disini letak kesalahan gue berikutnya. Gue ga ada pegangan selain gas ini. Jadi disaat barang kosong otomatis gue cuma manyun sambil rebahan diaspal.

Kondisi semakin memburuk ketika barang yang disuplay ga sesuai dengan kebutuhan. Gue butuh sekitar 250 tabung perhari. Kenyataannya gue cuma dapet 50 tabung perhari. Itupun ga rutin tiap hari. Keuntungan gue dari jualan gas itu cuma 1000/tabung. Dari yang tadinya 250rb/hari. Tiba-tiba langsung menurun jadi 50rb/hari. Kebutuhan hidup keluarga gue 100rb/hari. Simplenya kondisi gue mencret mampus.

Untuk menutupi kebutuhan itu terpaksa gue jual tabung gas satu demi satu. Sambil berharap kondisi membaik. Tapi kayanya harapan gue belum terkabul. Isu politik mempengaruhi laju perekonomian waktu itu. Semua pengusaha yang ga kuat dengan tekanan waktu itu memutuskan tutup toko. Termasuk gue. Tabung gue pelan-pelan abis gue jualin buat nutupin makan sehari-hari. Persetan dengan salah strategi bisnis. Kenyataannya anak bini gue butuh makan. Dan ini jalan tercepat yang gue tau waktu itu.

Alhamdulillah sekarang gue balik lagi kerja kantoran. Cooling down sejenak dari meja judi usaha. Overall ga ada yang mengalahkan kenikmatan ketika usaha. It's totally about yours. Gimana elo manage waktu, cost, persaingan dengan lawan bisnis dll. Bagi gue kerugian materi itu bukan apa-apa (biji mate lu bukan ape-ape cut!). Ok, walaupun ngenes tak terhingga. Tapi pengalaman yang didapet ga bakal bisa diganti dengan uang. Karena bisnis itu unpredictable. Ga bisa ditebak. Lo bisa prediksi (ini gue agak labil. Tadi bilang unpredictabel sekarang beda lagi.). Ya pokonya banyak faktor yang bisa bikin elo survive. Itu menariknya dari usaha. Bagi gue siy.

Well, klo ditanya gue kapok apa ngga. Jawaban gue 100% gue ga kapok!. Suatu saat gue bakal nyoba lagi. Entah itu mau berhasil atau gagal. Karena keberhasilan dan kegagalan bukan ukuran. Bagi gue ga ada ukuran dalam bisnis. Dan momentumnya belom tepat aja mungkin buat gue survive. Ga ada yang lebih nikmat daripada bekerja bebas tanpa tekanan. Semewah-mewahnya kehidupan burung dalam sangkar tetap lebih agung burung yang terbang lepas.

Semoga pengalaman kecil gue bisa jadi pelajaran yang berharga buat elo yang diluar sana yang mau memulai usaha.

So, masih mau buka usaha? :)



Baca juga cerita gue Introducing


No comments:

Post a Comment